Pages

Thursday, January 12, 2012

Makanan Edisi Ujian

Nah,, jadi ceritanya saya sedang masa-masa ujian blok kan, dan hal itu bener-bener mbuat saya maleeess banget buat keluar rumah (dan memang sejak kemarin saya tidak melangkahkan kaki sedikitpun dari rumah, hehehe ^_^v)

Biasanya, buat yang anak-anak kos dan sering merasakan kemalasan seperti yang saya rasakan, pasti jadi pada males buat nyari makan kan? Padahal makan tu penting banget lhoo buat semua proses metabolisme kita..

Biar nyawa temen-temen terselamatkan, disini saya ingin memberi beberapa resep yang sangaaat mudah dan bahannya bisa dibeli dimana aja (ini termasuk bahan-bahan yang wajib ada di kulkas). Check it out :D

1. Spaghetti Saus Daging
Bahan :
- pasta spaghetti
- saus balognise
- bawang bombay secukupnya
- saus tomat/cabai
- tomat (dipotong dadu kecil-kecil)
- mentega
- gula pasir 1 sdt

Cara membuat :
- Rebus pasta spaghetti --> bisa menggunakan panci atau wajan atau teflon. tapi kalo ngerebusnya pakai panci tu nanti lamaa banget matengnya, hampir 20 menit lebih, sama kayak kalo pake teflon. Jadi saranku, mending ngerebusnya pakai wajan aja, yang gede juga nggakpapa, biar cepet lunak pastanya. hehehe. (ini sekitar 15 menit)
- Setelah pasta lunak, tiriskan
- Siapkan lagi wajan yang sebelumnya dipakai, panaskan mentega
- Tumis bawang bombay sampai wangi, masukkan saus balognise+gula pasir+tomat
- Tambahkan saus tomat/cabai jika masih dirasa kurang, aduk sampai rata
- Oya, kalo saus balognise-nya masih kurang kita bisa nambahin daging cincang lagi yang bisa dibeli di pasar-pasar terdekat. Nanti dagingnya direbus dulu baru dimasak bareng bawang bombay yang udah harum
- Aduk semua bahan sampai harum, sajikan bersama pasta
Voilaa :D

2. Ikan Sarden
Bahan :
- 1/2 bawang bombay (kalo nggak ada bisa diganti bawang merah)
- tomat (dipotong dadu kecil)
- gula 1 sdt
- garam 1/2 sdt
- perasa sesuai selera (supaya nggak asam)
- sarden kaleng (yang kecil)
- cabai merah (potong sesuai selera)

Cara :
- Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay sampai kering, baru masukkan tomat yang telah dipotong dadu
- Setelah tomat sedikit layu, masukkan sarden, dan tambahkan sedikit air pada sisa sarden di kaleng
- Masukkan gula, garam, dan perasa
- Diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap ke dalam daging
- Sajikaan :)

Kemarin sebenernya juga sempet mbuat beberapa resep geje ala sasa, tapi lupa ngefoto, jadi lain kali aja yaa ^^ next posting insyaaLLah :)

2 comments:

  1. Thanx resepnya, mw masak spageti.. Tp g bsa Untung ada yg share resepnya..

    ReplyDelete
  2. slama aku kos pas mahasiswa, ra duwe kompor ik... apameneh kulkas.. trus piye jal?

    ReplyDelete

Punya pendapat lain? Ada tanggapan? Atau kritikan?
Yuk, budayakan komen! ;) Mari berbagi pendapat.. :)

Tinggal ketik, post comment! Nggak perlu verifikasi ;D

Google+ Followers

Google+ Badge