Pages

Tuesday, July 30, 2013

Islam Berpolitik

Yang ngikutin berita dunia Islam pasti langsung ngeh deh saya lagi ngomong apa. Clue : Mesir.


“Innahum Yakiiduuna kaida, wa akiidu kaida, famahhilil kaafiriina Amhilhum ruwaida..”
[Q.S. Ath-Thariq: 15-17]

Allah yang maha memberikan dan mencabut kerajaan/kekuasaan dari orang yang Ia kehendaki..

Jika memang yang mereka (orang-orang kufur) kehendaki adalah kekuasaan di dunia, maka biarkan kita tetap menggantungkan diri kepada kekuasaan-Nya dengan menjaga umat ini tetap dekat dengan ajaran Islam yang sebenarnya..

Keep praying for our brothers n sisters in Egypt.. Allahu akbar..! Allahu ghayatuna..! #saveEgypt


pic.source : komikmuslimah

Friday, July 19, 2013

a little something refreshing :')

bimillaah...
Rasanya udah lama banget saya nggak nulis di sini #niup-niup debu di blog >,<

Tadi nggak sengaja ada seorang mbak yang bertanya "dek sasa kapan nulis lagi? :) hehe. ditunggu tulisannya" dan seketika itu juga langsung membuka blog dan ternyata,,, saya terakhir nulis itu bulan Mei lalu, dan sekarang sudah bulan Juli,, wah wah.... *_*

Sebenarnya jadi lama nulis blog bukan karna nggak ada alasan,, tau sendiri lah mahasiswa kedokteran, isinya cuma kuliah-praktikum-tutorial-ujian #ngeles. hehe. Tapi bukan berarti saya jadi berhenti nulis :D saya tetap nulis kok, tapi karna masih proyek rahasia jadinya belum saya publish hehehe ^_^v #ngeles kedua

Kebetulan memang ada yang sedang ingin saya share, jadi ya lanjut deh mbuka blognya :D

Ceritanya bermula beberapa waktu lalu. Sekitar hari selasa mbak murobbi saya yang di kampus sms saya, menanyakan apakah kamis siang saya luang. Saya jawab luang, lalu bertanya ada apa. Ternyata si mbak minta tolong ke saya dan juga temen liqo buat membantu jadi mentor di SMA Tamantirto deket kampus, soalnya si mbak udah lama nggak megang anak sekolahan. Nah, waktu itu saya tertarik dan langsung menyanggupi.

Mungkin saya semacam terkena sindrom homesick ya. Saya kangen anak-anak SMA. Terakhir megang anak SMA udah lamaa banget kayaknya, sekitar 6 bulan lalu (saya berhenti jadi mentor SMA ketika menikah januari kemarin). Sekarang terlalu seringnya ketemu sama anak-anak kuliahan, berforum dengan mahasiswa-mahasiswa yang sudah pinter sekali untuk berdiskusi masalah-masalah berat, yang terkadang harus mewaspadakan diri sendiri supaya hati nggak terkeraskan. Huff,, bener-bener pingin ngerasain megang anak SMA lagi :")

Akhirnya tiba juga hari kamis. Hari itu agenda romadhon saya standar aja kayak biasanya = kajian-syuro'-ngurus masjid-nyiapin ifthor. Ketambahan mentoring.

Kami pertamanya janjian di rumah mbak murobbi jam 12.10 lalu berangkat bareng-bareng. Tapi saya masih ada urusan lain sebelum itu, dan waktu ngeliat jam ternyata udah jam 12.40, padahal acaranya mulai jam 12.45 .

Jadi saya memutuskan untuk langsungan aja pergi ke SMA nya itu dengan berbekal nekat dan sok tau karna saya juga nggak tau alamat sekolahnya. Tapi ternyata,, saya justru jadi mentor pertama yang datang ke sekolah itu --" Saya sms mbak murobbi saya, nggak dibales, mungkin masih di jalan.

Ketika menunggu balasan sms itulah, tiba-tiba ada seorang adek berjilbab unyu yang mendekati saya di parkiran motor, "Assalamualaykum mbak, mbak yang mengisi kajian hari ini ya?"

Nah lho,, saya bingung. "Kajian apa ya dek? Saya taunya yang mentoring itu.."

"Iya mbak, iya ada mentoring. Mari mbak ikut saya ke masjid.."

Ngobrol basa-basi. Perkenalan. Sampai tiba di masjid. Ternyata udah ramai banget adek-adek muslimah yang berkumpul, sekitar 30an orang ada.

"Mari mbak, silahkan masuk. Acaranya bisa kami mulai karna mbak sudah datang.."

Mendadak jadi dapet feeling buruk.....
"Nggak menunggu mentor yang lain dulu dek?"

Si adek dengan polosnya menjawab, "sebelum mentoring kita kan kajian keputrian dulu mbak.. Jadi nanti mbak sasa mengisi kajian dulu saja sambil menunggu teman-teman mbak yang lain."

Lhoh lhoh lhoh -__-" wkwkwk. Jujur saya shock lho waktu itu =,=
Ini pasti harusnya yang ngisi kajian itu mbak murobbi saya, tapi berhubung baru saya yang datang jadi saya yang kena jebakan batman =_= #speechless

Seharusnya biasa aja, kemarin-kemarin juga sempat dimintai tolong untuk mengisi beberapa kajian, termasuk keakhwatan. Tapi masalahnya waktu itu, saya nggak prepare materi apapun untuk kajian. Jangankan media powerpoint atau film pembuka, flashdisk saja nggak bawa. Saya cuma menyiapkan game-game standar perkenalan mentoring. wkwk.

Akhirnya saya bilang, "forumnya dibuka dulu saja dek, tilawah dulu." Sambil berharap nanti mbak murobbi dan rombongan temen-temen sudah sampai di lokasi ketika pembukaan selesai. Tapi ternyata sampai selesai tilawahpun rombongan belum datang juga...

Dan kalimat itupun datang :: ".... kami persilahkan mbak Sasa untuk mengisi kajian di depan.."
Hoho... yasudahlah... the show must go on... yang jelas saya nggak mau tanggungjawab kalau minggu depan jamaah kajiannya jadi bertambah banyak gara-gara saya. 

Sampai di penghujung kajian,, alhamdulillah berjalan cukup lancar dan mendapat respon baik dari adek-adeknya. Banyak yang bertanya, sedikit yang mencoba menjawab dan kurang betul. hehehe. Overall, saya bisa menarik nafas lega ketika panitia memberi saya secarik kertas yang menandakan bahwa seharusnya waktu sudah habis sejak tadi. Oh, maafkan saya adek-adek yang unyu >.<

Agenda berlanjut lagi ke tausyiah singkat dari mbak murobbi saya, kemudian pembagian kelompok, lanjut ke mentoring kelompok kecil. Saat semua rangkaian acara selesai itulah, si adek unyu yang pertama tadi bercerita ke saya kalau kegiatan kajian dan mentoring hari itu adalah yang pertama kali dalam sejarah persilatan di SMA itu,, dan agenda itu memang sengaja diadakan karena kebetulan bulan Ramadhan.. bahkan si adek berkali-kali meminta maaf ke saya karena dia merasa acara yang diselenggarakan jauh dari kelayakan..

subhanallah... saya peluk juga itu si adek.
Tenang saja dek,, saya juga pernah jadi pengelola mentoring, dan saya sadar pasti acara seperti ini akan selalu nggak se-sempurna yang diharapkan.. pukpuk adek sayang... :"")

Saya bersyukurr sekali hari itu.. Sebelumnya saya berharap agar materi yang saya sampaikan di kajian bisa bermanfaat untuk adek-adek itu. Tapi justru sebaliknya, saya yang mendapat banyak sekali pelajaran dari mereka.. Suasana siang itu seperti merefresh ingatan saya yang sudah lampau.. Cerita adek-adek bahkan bisa membangkitkan kembali ghiroh yang sama seperti dulu ketika masih aktif di sekolahan.. :"") yang sayangnya saya dipecat secara dini, hhe.

Perjumpaan siang itu juga sedikit banyak jadi menyadarkan saya,, apa mungkin selama ini tarbiyah hanya terfokus di tempat-tempat strategis atau kota besar,, sehingga daerah-daerah kecil dan terpelosok seperti ini baru tersentuh sekarang..?

Anyway,, jazaakillahu khayr untuk kesempatannya ya adek-adek,, dan juga untuk pelajarannya yang begitu berharga dari adek-adek... :') Semoga siang itu bisa menjadi pembuka yang manis untuk agenda keislaman selanjutnya di SMA kalian.. Dan semoga jamaahnya pekan depan bisa lebih banyak dari yang kemarin, syukur-syukur kalau bisa menularkan semangat mentoring ke SMA-SMA lain di Bantul... allahuma aamiin... :'')

peluk ciumm adek-adek binaan baru yang unyu-unyu... :**
jadi ketemu lagi deh sama adek-adek SMA,, hihi asiiik ^__^

Google+ Followers

Google+ Badge