Pages

Monday, January 9, 2012

basic medical 1 -- chapter 1

Mau nyoba mbahas contoh-contoh soal buat ujian blok 3 sesi 1, semoga bisa membantu temen-temen ^_^
Jadi,, buat ujian blok 3 sesi 1 materi-materi yang harus dipelajari itu ada 13 bab:
- Cells as union of structure, function, and cytology
- Acid Bases Reaction and Buffer
- Thermodynamics and Thermoregulation
- Physiology Cells and Homeostatis
- Physiology Respiratory
- Bioenergytics
- Pharmacokinetis and Pharmacodynamic
- Physical Diagnostics
- Anatomy of Respiratory Tract
- Text Epithel
- Respiratory System
- Chemical Respiratoria
- Integumentum System

Aku mbahas contoh-contoh soalnya secara acak aja ya (nggak urut per bab),, buat babnya bisa dibaca sendiri di MISC chapt 1 sama chapt 2, okok? ^^ oya, kalo ada yang salah, tolong dikoreksi ya,, jadi sama-sama belajar *__*

1. Seorang remaja laki-laki, usia 16 tahun dibawa ke UGD karena mengalami pendarahan yang keluar dari hidungnya setelah mengalami pukulan pada daerah hidung dari arah depan. Manakah tulang berikut ini yang kemungkinan mengalami fraktur pada pasien?

=> jawaban : os nasale.
Pelajari lagi anatomi bagian cavum nasi, disebutkan bahwa rangka hidung (cavum nasi) terdiri dari tulang dan tulang rawan. Tulangnya ada os nasale, bagian nasal os frontalis, dan prosesus frontalis os maxilla. Sedangkan tulang rawannya: cartilago septum nasi, cartilago ala nasi major, cartilago ala nasi minor, dan cartilago nasi lateralis. Os nasale merupakan tulang utama yang ada di cavum nasi, termasuk ketika hidung mendapat cedera dari luar, yang rawan mengalami fraktur adalah bagian os nasale.

2. Pada saat seseorang menangis, dia akan merasa seperti pilek karena airmata mengalir ke hidung. Manakah saluran yang dilalui oleh air mata tersebut?

=> jawaban : ductus nasolacrimalis
Ductus nasolacrimalis itu merupakan saluran yang berasal dari rongga mata dan bermuara langsung ke meatus nasalis inferior (meatus yang letaknya ada dibawah concha nasi inferior di rongga hidung)

3. Seorang perempuan, usia 19 tahun sedang makan bersama teman-temannya di restoran. Mereka makan sambil berbicara dan bersenda gurau. Tiba-tiba perempuan itu terbatuk-batuk dan tersedak. Makanannya menyemprot keluar melalui mulut dan hidungnya. Manakah mekanisme berikut yang paling mungkin menimbulkan reflek batuk?

=> jawaban : makanan tersebut masuk ke larynx.
Larynx khususnya berperan sebagai penggetar (vibrator). Elemen yang bergetar adalah pita suara, yang umumnya disebut tali suara. Selama pernapasan normal, pita akan terbuka lebar sehingga aliran udara mudah lewat. Selama fonasi, pita menutup bersama-sama sehingga aliran udara di antara mereka akan menghasilkan getaran.

Bila proses menelan dan bersuara terjadi bersamaan, dimana proses respirasi dan menelan pada tahap faringeal terjadi dalam waktu yang sama, dapat menyebabkan masuknya makanan/minuman ke saluran pernapasan.

Bronkhus dan trachea sedemikian sensitifnya terhadap sentuhan halus, sehingga benda asing dalam jumlah berapapun atau penyebab iritasi lainnya akan menimbulkan refleks batuk. Laring dan karina (tempat percabangan trachea) adalah yang paling sensitive, dan bronkhiolus terminalis dan bahkan alveoli bersifat sensitive terhadap rangsang kimia yang korosif. Impuls aferen yang berasal dari saluran napas terutama berjalan melalui n. vagus ke medulla dan terjadilah refleks batuk.

Inhibisi pernapasan dan penutupan glottis merupakan bagian dari refleks menelan. Menelan sulit atau tidak dapat dilakukan apabila mulut terbuka. Seorang dewasa normal sering menelan selama makan juga di antara makan. Jumlah total menelan perhari sekitar 600 kali = 200 kali sewaktu makan dan minum, 350 kali sewaktu terjaga tanpa makan dan 50 kali sewaktu tidur.

Apabila inhibisi pernapasan tidak ada dan atau glottis tidak menutup atau tidak menutup sempurna selama proses menelan, maka akan terjadi refleks tersedak. Hal ini penting untuk melindungi selama pernapasan dari bolus dan bahan-bahan lainnya yang seharusnya melalui saluran pencernaan. Tersedak dapat terjadi antara lain saat makan sambil berbicara, makan terlalu cepat, dll.

4. Pada kasus diatas, manakah bangunan berikut yang berfungsi untuk mencegah masuknya makanan ke saluran pernafasan?

=> jawaban : rima glottidis (yang terbuka)
Rima glottidis/epiglotis ini terletak di larynx dan bertugas untuk memisahkan saluran pernafasan atas dan bawah. Bila benda asing masih bisa sampai ke glotis, maka kembalinya fungsi pharynx yaitu membatukkan benda asing tersebut, sebelum masuk lebih jauh ke saluran pernafasan bawah.

5. Seorang anak laki-laki, 3 tahun, sering menderita batuk pilek yang tidak sembuh-sembuh. Beberapa hari terakhir ini telinganya mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau busuk. Dokter menyatakan adanya penyebaran infeksi dari saluran nafas ke saluran pendengaran. Organ apakah yang menjalarkan infeksi tersebut?

=> jawaban : tuba auditiva
Tuba auditiva (ductus auditivus) merupakan suatu saluran yang menghubungkan nasopharynx (rongga di antara hidung dan faring) dengan cavum tympani (telinga tengah).

6. Bagian apakah dari mitokondria yang paling banyak mengandung enzim untuk reaksi siklus Krebs?

=> jawaban : matrix
Salah satu karakteristik mitokondria adalah pada lapisan dalamnya yang penuh dengan maktriks yang merupakan tempat enzim yang mengambil energi dari nutrien CO2 dan H2O.

7. Untuk memperkuat perlekatan dengan membrana basalis, jaringan epithelium dilengkapi dengan bangunan apa?

=> jawaban : hemidesmosome
Bangunan penghubung membran epithelium :
· Membrana basalis/basement membrane : yaitu struktur ekstra sel yang terlihat pada dasar sel dari membrane epitel atau kelnar, terletak diantara epitel dan jaringan ikat longgar.
· Junctional complex (perlekatan lateral antarsel), terdiri dari : Zonulaoccludens/tigh junction, Gap jaunctional, Zonulaadherens/intermediate junction, Macula adherens/desmosome, dan Hemidesmosome. Hemidesmosome ini adalah desmosome yang tidak melekat pada permukaan lateral sel, melainkan pada permukaan basal sel (membrane basalis), dan merupakan bangunan yang mengaitkan sel-sel basal epithelium dengan membrana basalis sehingga epithelium dapat memiliki kedudukan yang kokoh.

8. Substansi apakah yang dominan pada stratum lucidum?

=> jawaban : eleidin
Stratum lucidum (clear layer/lapisan yang jelas) pada lapisan epidermis ini terdiri dari beberapa lapis, pucat, dan bergelombang. Di sini juga terdapat keratinosit yang padat dengan eleidin (substansi yang mempunyai indeks bias tinggi) dan menghasilkan setengah produk dalam produksi keratin.

9. Proses apakah yang merupakan transport mikromolekul melintas membran sel?

=> jawaban : transport pasif
Beberapa fungsi membran adalah sebagai penentu hidup pada sel, sebagai komunikasi (sensor signal untuk berkomunikasi sel dengan lingkungan luar), sebagai transport (keluar masuknya zat ke luar atau ke dalam sel), dan sebagai pelindung. Fungsi membran sebagai transport dapat dibagi lagi menjadi beberapa jalan, yaitu transport ion dan molekul melalui membran (dikenal dengan istilah transport pasif), difusi (secara difusi sederhana maupun difusi fasilitasi dengan protein carrier), dan transport aktif (primer dan sekunder).

10. Jika keadaan pasien diketahui sebagai berikut : PaCO2 arteri 40 mmHg, pH darah 7,40 dan kadar bikarbonat darah 24,5 mmol/L, bagaimanakah keadaan pasien tersebut?

=> jawaban : pasien dalam keadaan normal
Nilai normal dari masing-masing parameter adalah sebagai berikut:
* pH : 7,35 - 7,45
* PaCO2 : 35 - 45 mmHg
* PaO2 : 70 - 100 mmHg
* SaO2 : 93 - 98%
* HCO3 : 22 - 26 mEq/L
* Base exceed : -2,0 to 2,0 mEq/L

11. Apakah gangguan keseimbangan asam basa yang terjadi pada anak laki-laki 7 tahun dengan syok hipovolemik karena diare?

=> jawaban : acidosis metabolik
Secara garis besar, regulasi asam basa bisa terjadi di dua sistem, yaitu respiratory system (asma bronkial, COPD, histeria) dan metabolic system (diare, vomitting, makanan asam/pahit). Sedangkan mengenai kelainan pada kedua sistem diatas, ada 2 kemungkinan, yaitu acidemia dan alkalemia. Acidemia disebabkan oleh acidosis dan dibagi menjadi 2 jenis, respiratory acidosis (hipoventilation) dan metabolic acidosis (decreased perfusion).

Respiratory acidosis disebabkan peningkatan relatif asam karbonat, sedangkan metabolic acidosis (MAc) disebabkan oleh penurunan bikarbonat pada diabetes tak terkontrol dengan ketosis, beberapa kasus muntah (vomit) yang mengeluarkan cairan alkali, penyakit ginjal, keracunan garam asam, kehilangan cairan intestinal pada diare atau kolitis, dan kehilangan berlebih elektrolit. Tanda penting bagi yang terkena metabolic acidosis terkompensasi adalah hiperpneu.

12. Apakah penyebab gangguan keseimbangan asam basa pada soal diatas?

=> jawaban : HCO3 turun
Metabolic acidosis (MAc) atau disebut kondisi decreased perfusion disebabkan karena kekurangan HCO3-, berkebalikan dengan metabolic alkalosis (MAlk) yang diakibatkan karena kelebihan HCO3-.

13. Manakah dibawah ini yang termasuk komponen penyangga ekstra seluler yang penting?

=> jawaban : buffer karbonat
Buffer merupakan larutan penyangga yang mempertahankan pH tubuh seperti yang kita butuhkan (seperti menetralkan nafas dan lain lain). Buffer terdiri atas asam lemah&garamnya dan basa lemah&garamnya yang terbentuk dari reaksi asam-basa. Yang termasuk dalam buffer antara lain bikarbonat, protein, Hb, dan fosfat. Buffer bikarbonat merupakan yang paling dominan di dalam tubuh dan berguna untuk mempertahankan asam-basa di dalam darah.

3 comments:

  1. Ngono kuwi kudu diapalke kabeh dek? Mantap

    ReplyDelete
  2. jadi ada gambaran dikit kuliah di kedokteran..

    ReplyDelete

Punya pendapat lain? Ada tanggapan? Atau kritikan?
Yuk, budayakan komen! ;) Mari berbagi pendapat.. :)

Tinggal ketik, post comment! Nggak perlu verifikasi ;D

Google+ Followers

Google+ Badge