Pages

Sunday, January 15, 2012

Makanan Edisi Simpel

Postingan ini dibuat karna kemarin sempat ada seorang teman yang minta dibuatkan resep edisi liburan sama edisi hujan --gatau gimana maksudnya, tapi kalau yang dimaksud itu adalah resep yang mudah dibuat, so here it is.. :)

Masih sama kayak postingan kemarin, resep-resep di postingan ini insyaaLLah sangaat mudah. mudah biyanget pokoknya :D

1. Udang goreng tepung
ini resep gampang biyangeet, kita cuma butuh:
-udang segar
*sesuai selera
*harganya sekitar Rp 13.000 sampai Rp 14.000 per seperempat kilo (kira-kira 14 ekor udang, jadi per udang harganya Rp 1.000an
-telur 1-2 butir
*nggak usah banyak-banyak, soalnya cuma butuh untuk pengolesan
-tepung Sajiku
*ada 2 jenis tepung, dan bisa pakai yang mana aja. Kalau mau udangnya keliatan kemerah-merahan, pakai yang Sajiku pedas. Tapi di dalam resep ini saya menggunakan tepung Sajiku yang biasa

Cara membuat:
1. kupas bersih udang (biasanya di pasar ada penjual yang menawarkan untuk memotongkan kepala udang, diiyain aja, soalnya harganya sama) --sisakan ekor udang supaya penampakannya nggak jelek
2. cuci udang
3. siapkan kocokan telur, masukkan udang-udang tadi ke kocokan telur sampai rata
4. masukkan udang-udang yang telah diberi olesan telur ke mangkok tepung, ratakan
5. panaskan minyak, goreng udang sampai matang
sajikan :)


2. Sayur orak-arik ala sasa
Resep ini dibuat saat keuangan sedang sangat tipis, hehe
Bahan:
- kubis sesuai selera
- telur sesuai selera
- garam 1sdt
- gula kira-kira sepertiga sdm
- sayur tambahan apapun (bisa wortel, apapun pokoknya)
- bawang merah 2 siung
- bawang putih 2 siung
- saus tiram
- cabai sesuai selera (saya pakai 4)

Cara membuat:
- haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai, tambahkan garam
- iris kubis dan sayur sesuai selera (kalau saya sih cuma pakai kubis, tanpa tambahan yang lain ^^)
- panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum
- masukkan kubis (dan sayur lain)
- setelah kubis sedikit matang, masukkan telur dan kacaukan sampai rata (doh bahasa indonesianya apa ya --" pokoknya di aduk-aduk acak gitu sampai telurnya jadi abstrak, hehe)
- tambahkan gula, saus tiram dan sedikit air, aduk lagi sampai saus meresap
sajikan :)



next resep :
makroni
oseng terong

5 comments:

  1. nduk.. mau dibikinin dong (mmm)
    #laper tengah malem

    ReplyDelete
  2. bundoo ^^ eh bun,, aku nemu resep desert yang kayaknya enak lhoo,, pingin nyobaainn.. ayok masak bareng2 sama mbak jugaa.. ^___^

    ReplyDelete
  3. waaa.. mau nduk.. ayoo deh.. kan ini pada liburan.. tinggal kamu selonya kapan :D

    ReplyDelete
  4. ijin nyoba resepnya yaa :-)

    ReplyDelete

Punya pendapat lain? Ada tanggapan? Atau kritikan?
Yuk, budayakan komen! ;) Mari berbagi pendapat.. :)

Tinggal ketik, post comment! Nggak perlu verifikasi ;D

Google+ Followers

Google+ Badge