Pages

Sunday, January 29, 2012

calon bidadari surga.. :)

"mbak sha, aku takut mati.."

Siang itu begitu terik, bahkan kampus cemara yang biasanya sangat teduh sebagai tempat naungan untuk melingkar pun hari itu mendadak tak bersahabat. Dan akhirnya, atas bujukan bidadari-bidadari kecilku, kami berpindah ke warung makan nasi bakar. Alhamdulillah sejuk. Setidaknya angin masih berkenan menyapa lembut lingkaran kami.

Seharusnya materinya melanjutkan bahasan pekan lalu yang belum selesai, tentang shiroh 'Aisyah. Tapi hari itu bidadari-bidadari saya meminta pembahasan tentang akhirat, lengkap mulai dari dosa-dosanya hingga bagaimana ketika sudah berada di hari akhir besok. Okelah, challenge accepted. Saya sekaligus membatin, sepertinya memang sedang masa-masanya untuk tobat ya? Hari itu kedua lingkaran kecil saya meminta bahasan yang sama, berturut-turut .__.

Dan pernyataan itu terulang kembali. Pernyataan yang juga dicetuskan oleh seorang bidadari saya di lingkaran yang berbeda, masih di hari yang sama,

"Mbak Sha,, aku takut mati.."

Lagi, dan seperti di lingkaran sebelumnya, pernyataan itupun tak cukup hanya sekali. Selalu disertai cetusan-cetusan dari bidadari yang lain,

"Aku takut neraka mbak,,
aku takut ninggalin dunia ini.."

Saya hanya tersenyum pelan pada mereka. Karna jauh didalam lubuk hati, sayapun pernah berfikir seperti mereka.. Bahkan tak jarang saya merenungkannya hingga air mata tak berhenti menetes.

Saya menatap bidadari saya satu per satu,,

"tidakkah kalian rindu pada Rasulullah?

tidakkah kalian merindukan Abu Bakr?

tidakkah kalian.. ingin menatap Sang Pencipta?"

nafas saya sedikit terhenti saat kalimat terakhir itu terucap. Dan memoripun terulang kembali pada hari-hari dimana saya sering merenungkan tentang kematian.

"seandainya kalian tau,
mbak pun sering merasakan itu.. betapa takutnya menghadapi kematian, betapa malunya ketika besok malaikat mempertontonkan amal perbuatan mbak selama di dunia,, dan betapa betapa yang lainnya..

ah,
bahkan mbak yakin,
saat tiba hari yaumul hisab besok, sekedar mengangkat kepala saja pasti mbak nggak berani.."

"tapi lalu mbak sha ingat,
tentang sebuah cita yang selalu mbak nantikan wujudnya,

mbak sha sangat ingin bertemu mereka,
orang-orang yang sangat mbak cintai..

mbak merindukan Rasulullah,,
mbak ingin menatap langsung cahaya matanya -yang nggak diragukan lagi- akan membawa ketenangan buat jiwa kita,
mbak ingin mendengar langsung tutur katanya yang lembut,
mbak ingin mencium tangan sosok agung itu..

lagi, mbak merindukan Abu Bakr,,
mbak ingiin sekali bertemu langsung dengan sosok ksatria itu,
sosok sahabat sejati, cerminan umat yang utama,
tokoh yang selalu mbak idolakan,
lengkap dengan kebijaksanaannya dan segala kemuliaannya.."

"banyak sekali orang yang mbak rindukan..

termasuk sosok tegar Umar bin Khattab, sang pedang Allah,
yang selalu membuat mbak tertawa sedih ketika membaca shirohnya..

tertawa tentang bagaimana gigihnya perjuangan beliau berusaha mengalahkan segala amal ibadah Abu Bakr, dan bagaimana lucunya karna beliau selalu kalah.. -ya, Abu Bakr selalu menang dengan segala kemuliaan ibadahnya,,

tapi lalu mbak hanya bisa sedih, mengingat salah satu ucapan Rasul yang berbunyi,
**seandainya amal ibadah Abu Bakr dan Umar digabungkan, itu bahkan masih lebih berat jika dibandingkan dengan amal ibadah seluruh umat di dunia ini**

ah, lagi, keutamaan mereka membuat rindu ini semakin menggebu,,
bahkan nyaris tak tertahankan lagi..

dan semakin hari, justru yang mbak rasakan adalah,
mbak ingin segera menghadapi kematian itu..

mbak sangat sangat merindukan mereka..

walaupun mbak sadar,
tak mungkin amal ibadah mbak yang tak ada apa-apanya ini bisa membuat mbak dikumpulkan Allah dalam satu tempat bersama mereka,
tapi mbak meyakini sebuah janji Allah,
bukankah Ia akan mempertemukan hambaNya dengan orang yang ia cintai ketika besok di akhirat?

maka cukuplah cinta ini yang terus mbak simpan,
cinta yang mbak harap cukup untuk membujuk Allah agar mempertemukan mbak dengan mereka,,

dan cinta yang juga harus kalian pupuk mulai sekarang,,

hingga akhirnya besok,
kalian tak akan lagi takut terhadap kematian,,

hingga akhirnya justru kalian lah yang akan merindukan kematian itu,,

hingga suatu saat nanti, kalian berani untuk berkata:

**Allah, aku siap berjumpa denganMu..**
:')"

Kita pasti bisa menjadi orang-orang yang dirindukan surga,,
we are going to be huurun 'iin,,
kitalah calon bidadari surga,, aamiin.. :)

Friday, January 27, 2012

senja ini

"sha, dari skala antara 1 sampai 10,
perasaan sedihmu sore ini punya nilai berapa?"

"11"

........

"bagaimana kami bisa tersenyum,
jika orang yang biasa membuat kami tersenyum

kini justru tak tersenyum?"

.....

"lalu untuk apa air mata dicipta?
hidup tak hanya tentang bahagia"

...

"Allah sangat sayang sama sasha,
ini hanya ujian kecil untuk cintamu padaNya"

..

"senyum.
karna suatu saat
Allah akan mengganti tangisan itu

dengan ribuan kebahagiaan"

.
.
.
:')
nadaakal islamu fa aqbil.. yaabnal islami litas ma'ahu..

Thursday, January 26, 2012

ada kalanya...

ada kalanya kita seperti kedua mata,
tak pernah berjumpa, tapi slalu sejiwa..
kita menatap ke arah yang sama,
walau berbeda tempat,
bersama mengagumi cahaya bulan
dan berucap subhanallah..

kita menangis bersama,
meski tetap tak berjumpa,
dalam kecewa, sedih, ataupun gembira,
duka dan bahagia,,
dan berucap alhamdulillah..

tapi..
kadang kita perlu menjadi kedua tangan,,
berjumpa dalam membersihkan segala kotor dan noda..

seperti kedua tangan,
berjumpa dalam sedekap shalat,
berjama'ah menghadap Allah..


barangkali, cinta mampu menduga-duga,
sampai dimana rindu mampu melepas sayapnya..

terbang lebih tinggi, atau jatuh dan menyerah di daratan bumi..

Monday, January 23, 2012

Dokter bukan sekedar teori!

Kisah ini ditulis karna hari ini saya telah melakukan sebuah kealpaan bodoh dan saya sangat sangat menyesal sudah membiarkannya terjadi .__.

Jadi, semua berawal ketika negara api menyerang..
haha bercanda -,-"

Ulangi, jadi, semua berawal ketika kami (tim cemara, red) telah selesai melaksanakan tugas negara di sebuah sudut di parangtritis. Benar-benar tugas negara yang luar biasa (walaupun ada beberapa kendala pada awalnya, tapi tentu saja bisa diatasi dengan baik oleh kami #nggaya).

Nah, selesai melaksanakan tugas negara tersebut, kami melajukan rombongan motor menuju bantul sebagai pendaratan terakhir. Daaan disinilah awal mula kejadian dalam kisah ini.

Sudah hampir duapertiga perjalanan waktu itu, ketika tiba-tiba kami melihat ada insiden tak terduga di depan jalan. Kecelakaan parah. Dan korban-korban tergeletak tak berdaya tanpa ada satupun orang-orang disekitarnya berusaha menyelamatkan.

Refleks, kami semua langsung menepikan motor, dan saya (benar-benar tanpa pikir panjang) langsung meninggalkan motor begitu saja di pinggir jalan dan berlari mendekati korban-korban. Ada korban yang terlempar sampai di tempat sampah, dan ada juga korban yang masih tergeletak di jalan dengan darah mengalir dari kepalanya.

Safety first, response, and shout for help (peraturan utama penyelamatan).

Saya langsung berteriak meminta bantuan ke orang-orang sekitar untuk membantu memindahkan korban. Nggak ada tanggapan. Saya jengkel, lalu berusaha memindahkan korban itu sendirian (dan tentu saja nggak berhasil --'). Akhirnya dengan emosi yang agak naik, saya berteriak ke Mas Thoriq untuk ikut mencari bantuan, hingga terkumpullah beberapa orang penduduk sekitar (teman-teman saya yang lain mengamankan motor korban dan sebagainya). Dan ternyata, mengkoordinasikan penyelamatan bersama orang-orang yang bukan medis memang sedikit repot. Berkali-kali pengangkatan korban harus diulangi hanya karna tidak ada sinergi dalam movementnya, tapi its better than work on it alone lah ya.

Korban pertama teramankan. Lalu saya meminta seorang teman saya untuk mengamankan korban yang di tempat sampah sementara saya mencoba melakukan sesuatu untuk korban pertama. Saya melepaskan segala benda yang mungkin bisa menghambat aliran darah si korban, mulai dari sepatu, sabuk, dan lain lain. Saat korban pertama masih melenguh, saya berfikir mungkin itu karena jilbabnya yang ngepas banget sama kepalanya dan membuat leher tertekan. Akhirnya saya mengambil keputusan untuk melepaskan jilbab si ibu itu demi melancarkan pernafasan. Jilbab lepas. Darah masih mengalir deras dari kepala. Dan JREEENG, saya mendadak blank apa yang harus saya lakukan.

Saya justru terdiam melihat kepala si ibu.

Mbak Yurat memanggil saya berkali-kali, "dek sasa, dek sasa, ini korbannya harus diapain lagi?"

Dan blank. still blank. forget what should i do for that victim. *menampar diri sendiri

"Telpon ambulan mbak, telpon rumah sakit, TELPON APAPUN YANG BISA NYELAMATIN IBU INI!" akhirnya saya mengambil keputusan untuk menyuruh mbak Wulan maupun mbak Yurat menelpon. Dan mereka kebingungan, "nomernya berapa dek??"

Masih kebingungan dengan nomer telpon ambulan, ibu itu tiba-tiba melenguh lagi, lebih keras dari yang sebelumnya. Oh great. Saya panik. Nggak akan mungkin sempat telpon-telponan sama ambulan atau rumah sakit.

"Mobil! tolong cari mobil! SEKARANG CARI MOBIL!! Ibu ini harus segera dibawa ke rumah sakit! Mereka harus ke rumah sakit!!" saya berteriak ke penduduk, memaksa mereka mau membantu penyelamatan.

Saat sebuah mobil bak terbuka berhenti di seberang jalan saya kembali berteriak ke orang-orang untuk ikut memindahkan korban ke mobil. Alhamdulillah pengangkutannya terasa sedikit ringan karna orang-orang yang menopang sudah bertambah dari jumlah yang sebelumnya.

Singkat cerita, korban-korban sudah terangkut semua ke mobil tadi, dan sayangnya kami tidak bisa menemani ke rumah sakit karena harus segera kembali ke peradaban.

Setelah mobil tersebut pergi, kami mulai membereskan sisa-sisa kecelakaan yang tersisa. Seorang penduduk mengatakan bahwa korban-korban tadi adalah korban tabrak lari sebuah truk, maka nggak heran kalau serpihan-serpihan motor mereka pun telak berceceran dimana-mana. Dan saat melihat mas Thoriq yang membersihkan tangannya (yang berlumuran darah korban) dengan air minum, saya tertegun. AIR. saya membawa air putih di tas saya. Dan saya LUPA untuk membersihkan kepala ibu tadi dengan air itu. GREAT.

Saya membuka tas saya, dan kembali menjerit sedih saat menatap benda di dekat air minum saya. SAYA JUGA MEMBAWA SLAYER DAN KAIN KECIL. Kenapa tadi nggak saya gunakan untuk menghentikan pendarahan??

Stres akut. Rasanya nyesel senyesel-nyeselnya.
Rasanya pingin marah -yang akhirnya saya lampiaskan dengan menampar pipi saya sendiri berkali-kali

Benar-benar sebuah pelajaran mahal. Pelajaran langsung tentang respon cepat ketika di lapangan. Sebuah pelajaran bahwa menjadi dokter itu BUKAN tentang teori! Tapi tentang kejernihan sikap dan tindakan ketika berhadapan langsung dengan kasus. Dan pelajaran bagaimana agar bisa semaksimal mungkin melakukan penyelamatan pertama saat ada kecelakaan.

Dan saya telah mengabaikan aturan itu. Penyelamatan saya masih sangat jauh dari maksimal. Kurang sekali malah.

Hufff. Semoga korban-korbannya itu selamat semua T__T Dan semoga lain kali saya bisa melakukan yang lebih baik dari tadi. aamiin

*next mission : latihan latihan latihan!! practices make perfect! \m/

Friday, January 20, 2012

dan rindu itu menganga kembali...

aku merindukanmu ukh..
selalu dan selalu, tiap detik aku tak henti merindukanmu..

dan rindu itu hadir kembali saat melihatmu pagi kemarin..
menyeruak lagi ke permukaan hati, dan kini menganga lebar di relung..

tak kusangka kau masih berkenan menyapaku kemarin,
walaupun kondisinya telah sangat berbeda kini..

aku slalu ingat bagaimana ramainya kita dulu saat masih duduk sebangku di sekolah..
bagaimana histerisnya kita jika bertemu di sekolah,
slalu saling teriak kemudian berpelukan..

bahkan aku masih ingat bagaimana serunya ketika kita membahas berbagai hal,
tentang film, musik, pelajaran, makanan, dan apa saja,
sekedar berangan-angan tentang cita-cita pun kita lakukan..

ah alangkah indahnya masa itu

kita membumi, melangkah bersama,,

kita ciptakan hangat sebuah cerita..

seandainya kau tau, rinduku ini tak pernah main-main..
tak pernah kuhentikan menyebut namamu didalam doa..
tak pernah berhenti pula air mata ini menetes untukmu..

aku merindukanmu ukh..
kami merindukanmu..

ukh,, ingatkah kau tentang secuil memori penting kita?
tentang kelompok lingkaran kecil yang dulu sempat kita bina..

masih ingatkah kau dengan mereka?

seandainya kau tau, bukan hanya aku yang merindukanmu,
mereka juga ukh..
mereka sangat sangat merindukanmu..

bahkan mungkin, kerinduanku padamu tak ada apa-apanya dibanding kerinduan mereka..
tak rindukah kau dengan mereka?

bagi kami, kau adalah cahaya ditengah kegelapan..
kau adalah rindu yang tak terungkap..
kau adalah kekasih kami..

saat duka bersama, tawa bersama,,
satu persatu memori terekam..
dalam api semangat yang tak mudah padam..

merindukanmu mungkin salah,,
mungkin kau tak mau mendengar kata-kata orang tak penting sepertiku,,

tapi hatiku melagukan itu setiap waktu..

hingga kuharap hujan deras menenggelamkanku,
hanyutkanku sampai didepanmu..

memikirkanmu mungkin salah,
tapi otakku suka sekali melakukan itu

semilir diantara penat,
walau perlahan hatiku sakit terlumat,
sadar betapa jauhnya dirimu sekarang sahabat..

mencemaskanmu mungkin salah,
tapi aku akan menyesal jika tak melakukannya..

huff,,
tak maukah kau kembali bersama kami, kawan?
tak maukah kau berjuang lagi di barisan ini?


hei, sejak kapan kita bisa memagari otak kita dengan papan
"rasa rindu dilarang masuk"??

ana syauqi fillah.. :'(

Sunday, January 15, 2012

Makanan Edisi Simpel

Postingan ini dibuat karna kemarin sempat ada seorang teman yang minta dibuatkan resep edisi liburan sama edisi hujan --gatau gimana maksudnya, tapi kalau yang dimaksud itu adalah resep yang mudah dibuat, so here it is.. :)

Masih sama kayak postingan kemarin, resep-resep di postingan ini insyaaLLah sangaat mudah. mudah biyanget pokoknya :D

1. Udang goreng tepung
ini resep gampang biyangeet, kita cuma butuh:
-udang segar
*sesuai selera
*harganya sekitar Rp 13.000 sampai Rp 14.000 per seperempat kilo (kira-kira 14 ekor udang, jadi per udang harganya Rp 1.000an
-telur 1-2 butir
*nggak usah banyak-banyak, soalnya cuma butuh untuk pengolesan
-tepung Sajiku
*ada 2 jenis tepung, dan bisa pakai yang mana aja. Kalau mau udangnya keliatan kemerah-merahan, pakai yang Sajiku pedas. Tapi di dalam resep ini saya menggunakan tepung Sajiku yang biasa

Cara membuat:
1. kupas bersih udang (biasanya di pasar ada penjual yang menawarkan untuk memotongkan kepala udang, diiyain aja, soalnya harganya sama) --sisakan ekor udang supaya penampakannya nggak jelek
2. cuci udang
3. siapkan kocokan telur, masukkan udang-udang tadi ke kocokan telur sampai rata
4. masukkan udang-udang yang telah diberi olesan telur ke mangkok tepung, ratakan
5. panaskan minyak, goreng udang sampai matang
sajikan :)


2. Sayur orak-arik ala sasa
Resep ini dibuat saat keuangan sedang sangat tipis, hehe
Bahan:
- kubis sesuai selera
- telur sesuai selera
- garam 1sdt
- gula kira-kira sepertiga sdm
- sayur tambahan apapun (bisa wortel, apapun pokoknya)
- bawang merah 2 siung
- bawang putih 2 siung
- saus tiram
- cabai sesuai selera (saya pakai 4)

Cara membuat:
- haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai, tambahkan garam
- iris kubis dan sayur sesuai selera (kalau saya sih cuma pakai kubis, tanpa tambahan yang lain ^^)
- panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum
- masukkan kubis (dan sayur lain)
- setelah kubis sedikit matang, masukkan telur dan kacaukan sampai rata (doh bahasa indonesianya apa ya --" pokoknya di aduk-aduk acak gitu sampai telurnya jadi abstrak, hehe)
- tambahkan gula, saus tiram dan sedikit air, aduk lagi sampai saus meresap
sajikan :)



next resep :
makroni
oseng terong

Saturday, January 14, 2012

Allah knows..

When you feel all alone in this world
And there’s nobody to count your tears
Just remember, no matter where you are
Allah knows,, Allah knows..

When you carrying a monster load
And you wonder how far you can go
With every step on that road that you take
Allah knows,, Allah knows..

No matter what, inside or out
There’s one thing of which there’s no doubt
Allah knows, Allah knows

And whatever lies in the heavens and the earth
Every star in this whole universe
Allah knows,, Allah knows

You see we all have a path to choose
Through the valleys and hills we go
With the ups and the downs, never fret never frown
Allah knows, Allah knows

Every grain of sand, in every desert land, He knows..
Every shade of palm, every closed hand, He knows..

Every sparkling tear, on every eyelash, He knows..
Every thought I have, and every word I share, He knows..

Allah knows..


Matiku saja untuk-Mu, apalagi hidupku.. :')

Thursday, January 12, 2012

Makanan Edisi Ujian

Nah,, jadi ceritanya saya sedang masa-masa ujian blok kan, dan hal itu bener-bener mbuat saya maleeess banget buat keluar rumah (dan memang sejak kemarin saya tidak melangkahkan kaki sedikitpun dari rumah, hehehe ^_^v)

Biasanya, buat yang anak-anak kos dan sering merasakan kemalasan seperti yang saya rasakan, pasti jadi pada males buat nyari makan kan? Padahal makan tu penting banget lhoo buat semua proses metabolisme kita..

Biar nyawa temen-temen terselamatkan, disini saya ingin memberi beberapa resep yang sangaaat mudah dan bahannya bisa dibeli dimana aja (ini termasuk bahan-bahan yang wajib ada di kulkas). Check it out :D

1. Spaghetti Saus Daging
Bahan :
- pasta spaghetti
- saus balognise
- bawang bombay secukupnya
- saus tomat/cabai
- tomat (dipotong dadu kecil-kecil)
- mentega
- gula pasir 1 sdt

Cara membuat :
- Rebus pasta spaghetti --> bisa menggunakan panci atau wajan atau teflon. tapi kalo ngerebusnya pakai panci tu nanti lamaa banget matengnya, hampir 20 menit lebih, sama kayak kalo pake teflon. Jadi saranku, mending ngerebusnya pakai wajan aja, yang gede juga nggakpapa, biar cepet lunak pastanya. hehehe. (ini sekitar 15 menit)
- Setelah pasta lunak, tiriskan
- Siapkan lagi wajan yang sebelumnya dipakai, panaskan mentega
- Tumis bawang bombay sampai wangi, masukkan saus balognise+gula pasir+tomat
- Tambahkan saus tomat/cabai jika masih dirasa kurang, aduk sampai rata
- Oya, kalo saus balognise-nya masih kurang kita bisa nambahin daging cincang lagi yang bisa dibeli di pasar-pasar terdekat. Nanti dagingnya direbus dulu baru dimasak bareng bawang bombay yang udah harum
- Aduk semua bahan sampai harum, sajikan bersama pasta
Voilaa :D

2. Ikan Sarden
Bahan :
- 1/2 bawang bombay (kalo nggak ada bisa diganti bawang merah)
- tomat (dipotong dadu kecil)
- gula 1 sdt
- garam 1/2 sdt
- perasa sesuai selera (supaya nggak asam)
- sarden kaleng (yang kecil)
- cabai merah (potong sesuai selera)

Cara :
- Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay sampai kering, baru masukkan tomat yang telah dipotong dadu
- Setelah tomat sedikit layu, masukkan sarden, dan tambahkan sedikit air pada sisa sarden di kaleng
- Masukkan gula, garam, dan perasa
- Diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap ke dalam daging
- Sajikaan :)

Kemarin sebenernya juga sempet mbuat beberapa resep geje ala sasa, tapi lupa ngefoto, jadi lain kali aja yaa ^^ next posting insyaaLLah :)

Wednesday, January 11, 2012

basic medical 1 -- chapter 2

Yuhuu,, ujian blok 3 sesi 1 telah selesai.. Mari belajar untuk ujian blok 3 sesi 2 ^_^
Sama seperti postingan sebelum ini, kalau ada pembahasan yang kira-kira salah mohon dikoreksi ya.. Penulis juga hanya manusia biasa #sing


1. Sel apakah di dalam glomerulus renalis yang membentuk celah filtrasi?

=> jawaban : sel podosit
Podocytus atau podosit atau sel epithelial visceral adalah sel yang secara struktural kompleks memiliki procecus interdigitatus yang diselubungi dan terikat oleh lamina rara external membrana basalis glomerulus. Procesus berbentuk kaki yang ada didekatnya (pedicel) dipisahkan oleh celah filtrasi yang lebarnya antara 20-30 nm, dan dijembatani oleh diafragma tipis.

2. Bangunan apa di dalam ginjal yang diselubungi oleh lamina basalis?

=> jawaban : kapiler glomeruler
Dinding kapiler glomerular yang bertugas menyaring membran strukturnya terdiri dari lapisan tipis sel endothelial fenestra, membrana basalis glomerular dengan lapisan di bagian tengahnya tebal dan bersifat electron-dense (lamina densa), sel epithel visceral (podocytus), dan didukung oleh sel mesangial yang terbentang diantara kapiler.

3. Anda telah memberikan perlakuan dengan antibody rennin. Anda akan mengidentifikasi dan menentukan distribusi sel-sel di dalam ginjal yang mengekspresikan protein tersebut secara imunohistokimiawi. Sel apakah yang akan anda identifikasi?

=> jawaban : sel pada arteriola aferens
Tunica media arterial afferens adalah sel yang menghasilkan enzim renin dan termodifikasi oleh sel-sel otot polos bergranula menjadi sel-sel juxta glomerular.

4. Apakah ciri khas yang ditemukan pada kaliks ginjal, ureter, dan vesica urinaria?

=> jawaban : dibatasi oleh epithel transtitionale
Epithel transtitional atau disebut juga epitel peralihan terutama dimiliki oleh alat berongga yang dapat mekar jika bertambah isinya. Oleh karena itu bentuk sel berlapis yang kolumner dapat berubah menjadi kuboid rendah jika alat penuh terisi. Ciri khas epitel ini dimiliki oleh kaliks ginjal, ureter, dan vesica urinaria dimana lapisan permukaan yang membatasi lumen tersebut dilengkapi dengan sel-sel khusus dan berbentuk bulat.

5. Syarat foto rongten thorax yang baik adalah?

=> jawaban : diafragma setinggi costa ix, sinus tidak boleh terpotong
Sebuah rongten foto thorax dinyatakan baik (atau dapat dilanjutkan analisis pembacaannya) apabila memenuhi 4 syarat, yaitu :
- Tidak boleh ada bagian yang terpotong
- Kontras harus baik (apabila menggunakan)
- Scapula diproyeksikan keluar lapangan paru
- Sinus kostofrenikus tidak terpotong (untuk pengecekan apakah sinus berbentuk lancip atau justru tidak tampak)
Setelah keempat syarat terpenuhi, pembacaan dilanjutkan ke pembacaan letak diafragma. Rongten dikatakan baik dan dalam keadaan inspirasi cukup apabila diafragma terletak setinggi costa 9 sampai costa 10 (bila menggunakan costa belakang) atau terletak setinggi costa 5 sampai costa 6 (bila menggunakan costa depan).

6. Bentuk dada normal adalah bila potongan transversal berbentuk?

=> jawaban : bulat
Contoh potongan transversal (gambaran thorax dari posisi lateral/supine positions) :


7. Bagaimana kondisi foto paru-paru yang baik?

=> jawaban : apabila di foto paru-paru hanya ada sedikit warna lusen dibandingkan dengan udara
Warna lusen adalah penampakan warna hitam pada foto yang dapat diidentifikasikan sebagai adanya cairan di dalan organ, sedangkan warna opaque adalah penampakan warna putih pada foto dan diidentifikasikan sebagai adanya tulang di daerah organ. Kedua penampakan warna inilah yang dijadikan sebagai indikator pembacaan pada foto dan biasanya dibandingkan dengan warna udara (kegelapan).

8. Sinar X yang digunakan dalam pembuatan foto rongten mempunyai sifat?

=> jawaban : dapat menembus tubuh dan mempunyai kemampuan merusak jaringan tubuh
Sifat-sifat sinar X antara lain:
- tidak dapat diindera oleh kelima panca indera
- jalannya lurus
- tidak dipantulkan oleh cermin
- menembus dan dapat merusak jaringan tubuh
- dapat mengubah emulsi film
- pengaruh dalam tubuh bersifat kumulatif
Oleh karena sinar X dapat membahayakan tissue/jaringan tubuh inilah maka pada saat melakukan foto rongten thorax daerah inferior wajib diberi penutup untuk menghalangi sinar X mengenai organ-organ didaerah inferior (karena organ-organ ini merupakan organ vital), serta disarankan pada pasien untuk tidak terlalu sering melaksanakan tes foto rongten untuk meminimalisir kerusakan.

9. Pada foto thorax, posisi PA, errect, akan terlihat gambaran imaging dari masing-masing organ yang di rongga thorax. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah?

=> jawaban : batas jantung kanan dibentuk oleh sebagian besar atrium kanan
Pada saat pengukuran/pengecekan ukuran cordis (jantung), akan terlihat bahwa pada foto thorax polos yang normal, cordis terletak di 1/3 bagian pulmo dextra (paru kanan) dan 1/3 di bagian pulmo sinistra.

10. Pada pemeriksaan radiologi penderita yang diharapkan dapat melihat gambaran anatomi dan fungsi tractus urinarius secara menyeluruh dapat dilakukan tindakan apa?

=> jawaban : pemeriksaan BNO dan Intravena Pyelography (IVP)
Bagan penjelasan ABDOMEN (AP/LAT/SEMI ERECT/LLD):
- Hepar/KE : USG, PTC
- GI (Gastrum/Ints/Col) : OMD, Foll. Trough, Col. Inloop
- Tr.UG (tractus urinaria) : USG, BNO-IV P, Reno. Scan
- Pankreas : USG, Ercp
- Lien : USG, Spl. Portorg

11. Periode kritis dimana nutrisi sangat memperngaruhi kecerdasan anak terjadi pada umut?

=> jawaban : kurang dari 2 tahun
Salah satu penanganan periode kritis ini adalah dengan pemberian ASI yang merupaka makanan terbaik bagi bayi, dan ASI itu sendiri disarankan untuk diberikan sampai bayi berusia 2 tahun.

12. Anak berusia 11bulan mengalami melnutrisi pada usia 6 bulan, problem di kemudian hari akan terjadi apa?

Monday, January 9, 2012

basic medical 1 -- chapter 1

Mau nyoba mbahas contoh-contoh soal buat ujian blok 3 sesi 1, semoga bisa membantu temen-temen ^_^
Jadi,, buat ujian blok 3 sesi 1 materi-materi yang harus dipelajari itu ada 13 bab:
- Cells as union of structure, function, and cytology
- Acid Bases Reaction and Buffer
- Thermodynamics and Thermoregulation
- Physiology Cells and Homeostatis
- Physiology Respiratory
- Bioenergytics
- Pharmacokinetis and Pharmacodynamic
- Physical Diagnostics
- Anatomy of Respiratory Tract
- Text Epithel
- Respiratory System
- Chemical Respiratoria
- Integumentum System

Aku mbahas contoh-contoh soalnya secara acak aja ya (nggak urut per bab),, buat babnya bisa dibaca sendiri di MISC chapt 1 sama chapt 2, okok? ^^ oya, kalo ada yang salah, tolong dikoreksi ya,, jadi sama-sama belajar *__*

1. Seorang remaja laki-laki, usia 16 tahun dibawa ke UGD karena mengalami pendarahan yang keluar dari hidungnya setelah mengalami pukulan pada daerah hidung dari arah depan. Manakah tulang berikut ini yang kemungkinan mengalami fraktur pada pasien?

=> jawaban : os nasale.
Pelajari lagi anatomi bagian cavum nasi, disebutkan bahwa rangka hidung (cavum nasi) terdiri dari tulang dan tulang rawan. Tulangnya ada os nasale, bagian nasal os frontalis, dan prosesus frontalis os maxilla. Sedangkan tulang rawannya: cartilago septum nasi, cartilago ala nasi major, cartilago ala nasi minor, dan cartilago nasi lateralis. Os nasale merupakan tulang utama yang ada di cavum nasi, termasuk ketika hidung mendapat cedera dari luar, yang rawan mengalami fraktur adalah bagian os nasale.

2. Pada saat seseorang menangis, dia akan merasa seperti pilek karena airmata mengalir ke hidung. Manakah saluran yang dilalui oleh air mata tersebut?

=> jawaban : ductus nasolacrimalis
Ductus nasolacrimalis itu merupakan saluran yang berasal dari rongga mata dan bermuara langsung ke meatus nasalis inferior (meatus yang letaknya ada dibawah concha nasi inferior di rongga hidung)

3. Seorang perempuan, usia 19 tahun sedang makan bersama teman-temannya di restoran. Mereka makan sambil berbicara dan bersenda gurau. Tiba-tiba perempuan itu terbatuk-batuk dan tersedak. Makanannya menyemprot keluar melalui mulut dan hidungnya. Manakah mekanisme berikut yang paling mungkin menimbulkan reflek batuk?

=> jawaban : makanan tersebut masuk ke larynx.
Larynx khususnya berperan sebagai penggetar (vibrator). Elemen yang bergetar adalah pita suara, yang umumnya disebut tali suara. Selama pernapasan normal, pita akan terbuka lebar sehingga aliran udara mudah lewat. Selama fonasi, pita menutup bersama-sama sehingga aliran udara di antara mereka akan menghasilkan getaran.

Bila proses menelan dan bersuara terjadi bersamaan, dimana proses respirasi dan menelan pada tahap faringeal terjadi dalam waktu yang sama, dapat menyebabkan masuknya makanan/minuman ke saluran pernapasan.

Bronkhus dan trachea sedemikian sensitifnya terhadap sentuhan halus, sehingga benda asing dalam jumlah berapapun atau penyebab iritasi lainnya akan menimbulkan refleks batuk. Laring dan karina (tempat percabangan trachea) adalah yang paling sensitive, dan bronkhiolus terminalis dan bahkan alveoli bersifat sensitive terhadap rangsang kimia yang korosif. Impuls aferen yang berasal dari saluran napas terutama berjalan melalui n. vagus ke medulla dan terjadilah refleks batuk.

Inhibisi pernapasan dan penutupan glottis merupakan bagian dari refleks menelan. Menelan sulit atau tidak dapat dilakukan apabila mulut terbuka. Seorang dewasa normal sering menelan selama makan juga di antara makan. Jumlah total menelan perhari sekitar 600 kali = 200 kali sewaktu makan dan minum, 350 kali sewaktu terjaga tanpa makan dan 50 kali sewaktu tidur.

Apabila inhibisi pernapasan tidak ada dan atau glottis tidak menutup atau tidak menutup sempurna selama proses menelan, maka akan terjadi refleks tersedak. Hal ini penting untuk melindungi selama pernapasan dari bolus dan bahan-bahan lainnya yang seharusnya melalui saluran pencernaan. Tersedak dapat terjadi antara lain saat makan sambil berbicara, makan terlalu cepat, dll.

4. Pada kasus diatas, manakah bangunan berikut yang berfungsi untuk mencegah masuknya makanan ke saluran pernafasan?

=> jawaban : rima glottidis (yang terbuka)
Rima glottidis/epiglotis ini terletak di larynx dan bertugas untuk memisahkan saluran pernafasan atas dan bawah. Bila benda asing masih bisa sampai ke glotis, maka kembalinya fungsi pharynx yaitu membatukkan benda asing tersebut, sebelum masuk lebih jauh ke saluran pernafasan bawah.

5. Seorang anak laki-laki, 3 tahun, sering menderita batuk pilek yang tidak sembuh-sembuh. Beberapa hari terakhir ini telinganya mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau busuk. Dokter menyatakan adanya penyebaran infeksi dari saluran nafas ke saluran pendengaran. Organ apakah yang menjalarkan infeksi tersebut?

=> jawaban : tuba auditiva
Tuba auditiva (ductus auditivus) merupakan suatu saluran yang menghubungkan nasopharynx (rongga di antara hidung dan faring) dengan cavum tympani (telinga tengah).

6. Bagian apakah dari mitokondria yang paling banyak mengandung enzim untuk reaksi siklus Krebs?

=> jawaban : matrix
Salah satu karakteristik mitokondria adalah pada lapisan dalamnya yang penuh dengan maktriks yang merupakan tempat enzim yang mengambil energi dari nutrien CO2 dan H2O.

7. Untuk memperkuat perlekatan dengan membrana basalis, jaringan epithelium dilengkapi dengan bangunan apa?

=> jawaban : hemidesmosome
Bangunan penghubung membran epithelium :
· Membrana basalis/basement membrane : yaitu struktur ekstra sel yang terlihat pada dasar sel dari membrane epitel atau kelnar, terletak diantara epitel dan jaringan ikat longgar.
· Junctional complex (perlekatan lateral antarsel), terdiri dari : Zonulaoccludens/tigh junction, Gap jaunctional, Zonulaadherens/intermediate junction, Macula adherens/desmosome, dan Hemidesmosome. Hemidesmosome ini adalah desmosome yang tidak melekat pada permukaan lateral sel, melainkan pada permukaan basal sel (membrane basalis), dan merupakan bangunan yang mengaitkan sel-sel basal epithelium dengan membrana basalis sehingga epithelium dapat memiliki kedudukan yang kokoh.

8. Substansi apakah yang dominan pada stratum lucidum?

=> jawaban : eleidin
Stratum lucidum (clear layer/lapisan yang jelas) pada lapisan epidermis ini terdiri dari beberapa lapis, pucat, dan bergelombang. Di sini juga terdapat keratinosit yang padat dengan eleidin (substansi yang mempunyai indeks bias tinggi) dan menghasilkan setengah produk dalam produksi keratin.

9. Proses apakah yang merupakan transport mikromolekul melintas membran sel?

=> jawaban : transport pasif
Beberapa fungsi membran adalah sebagai penentu hidup pada sel, sebagai komunikasi (sensor signal untuk berkomunikasi sel dengan lingkungan luar), sebagai transport (keluar masuknya zat ke luar atau ke dalam sel), dan sebagai pelindung. Fungsi membran sebagai transport dapat dibagi lagi menjadi beberapa jalan, yaitu transport ion dan molekul melalui membran (dikenal dengan istilah transport pasif), difusi (secara difusi sederhana maupun difusi fasilitasi dengan protein carrier), dan transport aktif (primer dan sekunder).

10. Jika keadaan pasien diketahui sebagai berikut : PaCO2 arteri 40 mmHg, pH darah 7,40 dan kadar bikarbonat darah 24,5 mmol/L, bagaimanakah keadaan pasien tersebut?

=> jawaban : pasien dalam keadaan normal
Nilai normal dari masing-masing parameter adalah sebagai berikut:
* pH : 7,35 - 7,45
* PaCO2 : 35 - 45 mmHg
* PaO2 : 70 - 100 mmHg
* SaO2 : 93 - 98%
* HCO3 : 22 - 26 mEq/L
* Base exceed : -2,0 to 2,0 mEq/L

11. Apakah gangguan keseimbangan asam basa yang terjadi pada anak laki-laki 7 tahun dengan syok hipovolemik karena diare?

=> jawaban : acidosis metabolik
Secara garis besar, regulasi asam basa bisa terjadi di dua sistem, yaitu respiratory system (asma bronkial, COPD, histeria) dan metabolic system (diare, vomitting, makanan asam/pahit). Sedangkan mengenai kelainan pada kedua sistem diatas, ada 2 kemungkinan, yaitu acidemia dan alkalemia. Acidemia disebabkan oleh acidosis dan dibagi menjadi 2 jenis, respiratory acidosis (hipoventilation) dan metabolic acidosis (decreased perfusion).

Respiratory acidosis disebabkan peningkatan relatif asam karbonat, sedangkan metabolic acidosis (MAc) disebabkan oleh penurunan bikarbonat pada diabetes tak terkontrol dengan ketosis, beberapa kasus muntah (vomit) yang mengeluarkan cairan alkali, penyakit ginjal, keracunan garam asam, kehilangan cairan intestinal pada diare atau kolitis, dan kehilangan berlebih elektrolit. Tanda penting bagi yang terkena metabolic acidosis terkompensasi adalah hiperpneu.

12. Apakah penyebab gangguan keseimbangan asam basa pada soal diatas?

=> jawaban : HCO3 turun
Metabolic acidosis (MAc) atau disebut kondisi decreased perfusion disebabkan karena kekurangan HCO3-, berkebalikan dengan metabolic alkalosis (MAlk) yang diakibatkan karena kelebihan HCO3-.

13. Manakah dibawah ini yang termasuk komponen penyangga ekstra seluler yang penting?

=> jawaban : buffer karbonat
Buffer merupakan larutan penyangga yang mempertahankan pH tubuh seperti yang kita butuhkan (seperti menetralkan nafas dan lain lain). Buffer terdiri atas asam lemah&garamnya dan basa lemah&garamnya yang terbentuk dari reaksi asam-basa. Yang termasuk dalam buffer antara lain bikarbonat, protein, Hb, dan fosfat. Buffer bikarbonat merupakan yang paling dominan di dalam tubuh dan berguna untuk mempertahankan asam-basa di dalam darah.

Friday, January 6, 2012

hati-hati hati...

Aku bersembunyi di balik kata-kata,,
tempatku mengagumimu tanpa takut ketahuan..


hati hati dengan hati,, diam diam ia diam, tiba tiba ia tiba..

Allahu Ya Nural Qalby..

Sungguh Ya Allah..
bahagianya jika setiap kalimah-Mu meresap dalam jiwa,,
hingga aku dapat menjadi mushaf-Mu yang berjalan di muka bumi..

Ya Rahim,,
mana mungkin aku pilih jalan ini jika Engkau tak memilihku?

mana mungkin aku menang jika Engkau tak memenangkanku?

karena Tuhanku,
aku masih berusaha dan tidak putus asa..




Jika Allah yang menjadi tujuan,
kenapa harus dikalahkan oleh rintangan-rintangan yang kecil dihadapan Allah?

Ud'uunii astajib lakum.. :)

Monday, January 2, 2012

Aku dan Kamu

Aku dan kamu bagai karang-pantai mencintai laut lepas
dari jauh aku mencintaimu dengan seluruh kekuranganku..

Aku dan kamu bagaikan karang-pantai mencintai laut lepas
Terpisah ribuan mil dari hatimu
tanpa kau tahu,
setiap detik aku berusaha melacak cintamu
pada setiap buih ombak yang menghantam diriku..

Bila kukatakan padamu
telah kutitipkan semua salamku pada nadi-nadi sungai,
pernahkah ia benar-benar sampai padamu?

Ingatkah kau saat waktu mengizinkan kita bertemu?

"Hai" katamu saat itu sembari menyebut namamu
Akupun menyebut namaku
Dan senyum kita bertemu

Tapi lalu kau diam saja
Aku pun ikut tak berkata-kata
"Pertemuan pertama yang ganjil" batinku
Sunyi bergetar di leher kita berdua..

Waktu terus berlalu
dan pertemuan pun tak hanya sekali
semakin aneh karna pertemuan-pertemuan itu tak pernah disengaja..
apakah ini pertanda?

Yang aku tahu,
sejak pertemuan itu aku merasa hari-hari kita begitu akrab..
meski sebatas ombak yang setiap hari datang memberi sentuhan
lalu pergi tanpa salam perpisahan..

Ah..
mungkinkah sungai telah menyampaikan semua salamku kepadamu,
menyusun kata cinta yang terbata-bata
menjadi sebuah sajak cinta
dan kamu menerimanya?

sumber: Perpisahan Termanis, Fahd Jibran

Pada hatiku, kumohon,, tunduklah.. :(

Google+ Followers

Google+ Badge