Pages

Thursday, April 26, 2012

Serunya Sekolah di SMA Negeri 1 Yogyakarta

Bismillahirrohmanirrohim,

Kehidupan SMA sudah di depan mata, tapi masih galau mau SMA di mana? Di SMA Negeri 1 Yogyakarta aja. Soalnya sekolah yang terkenal dengan nama teladan ini punya begitu banyak acara yang seru. Mulai dari program-progam umum, kesibukan organisasi, lomba di sana-sini, belajar rame-rame, hingga kesibukan dalam hal agama. Sibuk kan? Tapi di situlah serunya. Mungkin kamu sudah sering dengar gossip tentang SMA Teladan ini, mari di bahas satu persatu.

‘Kemana-mana bawa buku, kerjaannya hanya belajar’, Gossip ini mungkin bisa dibilang benar. Masalah bawa buku pelajaran, kami sebagai anak-anak SMA Teladan ini memang suka bawa buku. Tapi bukunya tidak selalu buku pelajaran. Mulai dari catatan kajian rutin, shirah nabawiyah, novel, komik, majalah, hingga buku pelajaran  yang tebal atau buku catatan kegiatan organisasi. Soalnya di SMA ini kegiatan membaca dan berbicara di depan umum memang sudah dibiasakan. Bahkan sering ceramah jumat diisi oleh anak-anak. Tiap sehabis sholat fardhu kecuali shubuh pun juga ada pembacaan hadits di masjid. Masalah kerjaannya hanya belajar, kami memang sibuk belajar. Mulai dari belajar main musik, membuat robot, menulis, adzan, mengaji, ceramah, hingga belajar main futsal dan belajar berorganisasi. Bukan sekedar belajar untuk ulangan hari esok saja.

‘Islami banget, bisa kena paham teroris’, Inilah gossip yang paling keren. Awalnya pujian, diakhiri dengan sangkaan tak berdasar. Tapi inilah yang spesial dari SMA Teladan. Kamu akan menemukan sebuah atmosfer baru hasil perpaduan antara keberagaman, nasionalisme, dan Islam yang bertujuan untuk menciptakan keteladanan. Bahkan dalam hal agama Islam, SMA ini dianggap lebih islami dari muhammadiyah dan pernah mendapatkan julukan SMA Muhammadiyah Negeri 1 Yogyakarta. Setiap dua minggu sekali, biasanya akan ada kajian rutin di aula. Ustadnya pun keren-keren. Selain itu, tiap hari jumat juga akan ada pendampingan yang sebagai sarana diskusi dan menimba ilmu islami. Pokoknya keren deh! Masalah paham teroris, kamu enggak perlu khawatir. Kakak-kakak kelas dan alumni yang menjadi kakak-kakak pendamping InsyaAllah  tidak ada yang teroris. Meskipun sempat ada opini tentang alumni yang menjadi teroris, itu bukanlah hal yang perlu ditakuti, karena alumni tersebut mendapatkan ilmu untuk menjadi teroris bukan dan dari SMA Teladan. Jadi SMA Negeri 1 Yogyakarta insyaAllah bersih dari paham teroris.

‘Enggak seru, tidak ada geng. Kalaupun ada juga adanya geng pencari kajian’, Memang sih, SMA Negeri 1 enggak punya geng yang kerjaannya tawuran. Tapi justru hal ini menjadi incaran 2 kaum lulusan SMP. Yang pertama adalah kaum pelajar idaman yang anti tawuran dan mungkin ingin terhindar dari klithik dan kegiatan ngedrop dari SMA lain. Sedangkan kaum yang satu lagi adalah kaum yang ingin tobat dari rutinitas tawuran masa SMP. Ini fasilitas Teladan yang paling keren. Fasilitas tobat demi masa depan cerah. Masalah ilmu agama bisa ditanyakan dengan guru agama atau kakak kelas yang lebih paham. Atau juga bisa ditanyakan saat pendampingan hari jumat. Selain itu, kamu juga bisa menemui teman-teman pemburu kajian. Itu lho, anak-anak yang suka pergi ke kajian di sana-sini untuk memperdalam ilmua agama. Pokoknya Teladan itu SMA yang keren sekaligus bisa dijadikan tempat tobat.

Nah, mungkin ketiga gossip itulah yang paling sering adik-adik dengar. Sekarang kita akan beralih ke kegiatan harian di Teladan yang seru dan unik.

‘Jualan dari kelas ke kelas’, Sudah menjadi kesibukan tersendiri bagi para Danus (sie Dana Usaha) untuk mencari duit. Biasanya sih, mereka bakal datang ke kelas-kelas untuk berjualan. Mulai dari stiker, jajanan, hingga kaos. Tak ketinggalan pula pin-pin yang keren. Untuk urusan pin, biasanya Danus dari Rohis yang menguasai. Mungkin karena desainnya bagus dan berbau Islami kali ya,

‘Sholat dhuha rame-rame’, Inilah rutinitas harian yang sudah menjadi warisan turun-temurun dari para alumni. Selain kantin, masjid juga menjadi tempat kumpul anak-anak Teladan saat jam istirahat pertama. Biasanya mereka baru pergi ke kantin setelah sholat dhuha atau ngobrol rame-rame di sekitar masjid. Atau bisa juga langsung ke kelas dan menunggu datengnya para Danus.

‘Buka puasa rame-rame dan gratis’, Inilah kegiatan para pecinta puasa. Di Teladan, berpuasa tidaklah menjadi hal yang terlalu berat. Selain banyak temennya, kamu enggak perlu khawatir dengan makanan dan minuman untuk berbuka.
Ini karena angkringan depan sekolah sudah memberi fasilitas super keren, gratis buka puasa untuk hari senin dan kamis. Selain ngirit uang saku, juga bisa dapet pahala pula.

Mungkin hanya ini yang bisa disampaikan oleh selembar kertas. Kalau ada pertanyaan, langsung saja tanya dengan anak-anak Teladan. Selamat memilih SMA ya. TUC, Byureee!

Jazakumullah khoiran katsiro.

~buletin TUC 2012~

10 comments:

  1. TUC 2012... BYURRRE!!! =D keren ya mbak isi buletinnya? hehehe, siapa dulu dong, yang bikin! B)

    ReplyDelete
  2. Masyaallah. Suka banget ma tulisannya. Jadi ingat pas baca majalah Aulia, tentang artikel bahwa sudah saatnya kita beralih dari pendidikan berorientasi Oxbridge ke Madinah. Dan... saya percaya insyaallah sekolah ini salah satunya. :)

    ReplyDelete
  3. Daftar!!
    Ketrima ga ya #nasibpernahditolak

    ReplyDelete
  4. Keren tapi kalo di palembang ada sekolah xaverius yang terbaik.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  5. jadi inget...jaman GVT dulu...

    ReplyDelete
  6. yang fasilitas buka gratis di angkringan itu msi ada tdk?

    ReplyDelete
  7. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih

    Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM)
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    Pendaftaran :
    Kelas Reguler
    Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    www.imandiri.id/pmb 🌎www.stmik-im.ac.id 🌎www.stan-im.ac.id Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    ReplyDelete
  8. apa yang islam wajib pake hijab kak?

    ReplyDelete

Punya pendapat lain? Ada tanggapan? Atau kritikan?
Yuk, budayakan komen! ;) Mari berbagi pendapat.. :)

Tinggal ketik, post comment! Nggak perlu verifikasi ;D